Senin, 13 September 2010

Makna Lebaran


   Lebaran adalah hari yang berbahagia dimana semua dosa yang telah diperbuat oleh kita selama ini telah dihapuskan dan dimaafkan. Kita pun kembali menjadi orang yang bersih. Di hari itu kita saling mengobati kerinduan dengan cara bersilahturahmi ke semua orang. Dari mulai tetangga, kerabat dekat, sampai ke saudara-saudara kita.
   Hari pertama lebaran, saya bersama keluarga besar saya berkumpul di rumah untuk saling bermaaf-maafan. Kami merasa sangat senang karena kami hanya bisa berkumpul bersama di saat lebaran. Kami memakan ketupat dan  ayam buatan nenek sebagai makanan khas lebaran. Sesudahnya, kami sekeluarga mulai berkeliling untuk bersilahturahmi.
   Kami bersilahturahmi ke tetangga tetangga terdekat dan ke kerabat terdekat. Bagi anak-anak hari lebaran merupakan hari yang sangat mereka senangi. Mengapa, karena setiap mereka ikut bersilaturahmi dengan orang tua mereka, pasti mereka akan mendapatkan uang dari orang yang mereka kunjungi. Uang yang diberikan kepada mereka beragam, dari yang nilai mata uangya kecil seperti Rp 500 sampai yang nilai mata uangnya besar seperti Rp10.000. Sewaktu saya masih kecil, saya juga pernah mengalaminya. Hasil yang didapat oleh saya dengan cara berkeliling untuk silahturahmi ternyata cukup memuaskan. Jumlah yang didapat bisa mencapai seratus ribuan ataupun lebih. Ternyata bersilaturahmi itu sangat menguntungkan, karena kita sudah dapat pahala, dapat uang pula.
  Setelah bersilahturahmi ke semua tetangga, kami semua pun pergi ke rumah nenek Nur yang berada di Kelender. Semua ikut pergi ke Kelender tetapi ayah dan mama saya tidak pergi. Ayah dan mama saya harus menjaga adik bayi saya yang baru berusia satu bulan. Jika diajak, adik saya akan merepotkan. saya dengan kakek saya pergi kesana dengan menaiki motor. Kedua sepupu perempuan saya bersama nenek saya menaiki taxi. Om, tante serta adik saya yang ke dua menaiki motor.
   Sesampainya kami disana kami langsung disambut oleh keluarga nenek Nur. Kami saling bersalam-salaman. Setelah itu kami semua menuju ke ruang tamu untuk memakan kue buatan nenek Nur. Nenek Nur uga menyediakan kami es kolang kaling. Semua makanan yang dibuat oleh nenek Nur sangatlah lezat. Nenek Nur adalah saudara nenek saya yang sangat handal dalam hal memasak. saking lezatnya saya makan semuanya dengan lahap. Lalu kami, semua laki laki yang berada disana segera pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat jumat. Selama khutbah dan sholat saya merasa sangat terganggu karena banyak anak kecil yang bercanda, selain itu masjidnya juga masih belum selesai dibangun jadi lantainya itu masih semen dan atapnya masih belum tertutup. Sesudah sholat jumat kami kembali ke rumah nenek. Kami semua makan siang bersama. Kami memakan ketupat juga, karena nenek Nur memasak ketupat untuk lebaran. Kemudian kami semua menontong film Doraemon the Movies di DVD milik nenek Nur. Tapi kami menontonya tidak sampai habis karena kami semua lelah. Saking lelahnya, saya tidur di rumah nenek sampai pukul 03.00. Sebenarnya saya masih agak lelah karena hanya tidur selama satu jam setengah. Saya tidak pulang dengan motor karena takut ketiduran. Maka saya dengan nenek saya serta sepupu saya menaiki taxi.
   sesampainya dirumah saya langsung menunaikan sholat ashar, tapi saya tidak tidur lagi karena tidur pada sore hari membuat kepala saya terasa pusing saat dibangunkan. 
   Hari ini merupakan hari yang sangat menyenangkan. Dimana saya dapat berkumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersamanya. Saya juga merasa diri saya telah bersih kembali dari dosa dosa yang selama ini telah saya perbuat. Saya berharap lebaran tahun depan akan lebih menyenangkan dari pada tahun ini.
 

Tidak ada komentar: